Sabtu, 29 Juni 2013

Grab Your Audience


Grab Your Audience

Tedy J. Sitepu


Presentasi merupakan permasalah semua professional, beberapa masalah yang dihadapi dalam melakukan presentasi adalah sebagai berikut:
-    Banyak tulisan
-    Banyak data
-    Banyak ornament
-    Tanpa jiwa
Kalo ini masalah Anda juga, pertanyaan berikutnya adalah bagaimana membuat presentasi yang efektif. Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah tujuan dari presentasi. Presenter perlu menentapkan secara tegas siapa peserta dan apa tujuan dari presentasi. Sebagai contoh tujuan presentasi untuk memberikan informasi akan relatif berbeda dengan tujuan presentasi untuk memberikan keyakinan untuk peserta. Untuk meyakinkan peserta kita membutuhkan data yang lebih relevan dan reliabel, misalnya data statistik, contoh-contoh nyata.

Kedua, sikap presenter menentukan respon dari peserta. Presenter yang memberikan sikap yang positif memberikan kesan bersahabat dan keseriusan. Jadi seorang presenter yang baik harus membangun hubungan yang sehat dengan peserta. Contohnya datang tepat waktu, menghargai setiap pertanyaan peserta, dan lain-lainnya. Ketiga adalah suara dengan cara menggunakan intonasi yang tepat dalam menyampaikan materi. Keempat adalah gesture tubuh juga menentukan karena ini yang paling sering dilihat oleh orang lain.

Poin terakhir adalah media yang mampu memperkuat presentasi yang dilakukan, misalnya animasi, gambar, diagram, audio, video, dan lainnya. Poin ini bisa sangat mendukung apabila sesuai dengan tujuan dan makna yang ingin ditawarkan. Sebagai contoh slide powerpoin dapat didesain dengan mempertimbangkan font, layout yang simpel dan bermakna yang memperkuat presentasi yang ada.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar