Kamis, 27 Juni 2013

Batas


“Batas”
Marsela Zalianti & Pit

Deskripsi Film
 
Film berjudul “Batas” yang bercerita tentang kehidupan suku dayak di negri Borneo (Kalimantan Barat). Daerah ini merupakan daerah perbatasan antara Indonesia dan Malaysia dan merupakan daerah yang tidak diperhatikan pemerintah. Permasalahan utama daerah ini adalah pendidikan yang rendah, dan permasalah sosial lainnya. Cerita ini dimulai dengan permasalah corporate social responsibility suatu perusahaan yang tidak berjalan di negri Borneo. Setiap perusahaan mengirimkan guru untuk memberikan pendidikan, hasilnya semua guru pulang kembali tanpa hasil. Hal ini yang memicu, Marsela Zalianti untuk mencari faktor permasalahnya. Hal ini memaksa Marsela untuk melihat langsung kehidupan sosial di Borneo.

Sesampainya di sana, dia mencoba untuk menjalankan sendiri sebagai guru di Borneo dan hasilnya masyarakat setempat menolak karena mereka menyatakan bahwa kebutuhan mereka adalah uang dan makanan, bukan pendidikan. Kegagalan ini membuat Marsela untuk secara kreatif menemukan cara pembelajaran yang dapat diterima oleh masyarakat setempat. Dia berhasil mengajar dengan memasukan muatan-muatan lokal dengan cara belajar di alam dan menggunakan apa yang tersedia di alam. Akhirnya Marsela mampu memberdayakan masyarakat melalui program pendidikan yang dirancang oleh perusahaan.

Makna Film 
  • Masih banyak daerah-daerah terpencil di Indonesia yang membutuhkan pelayanan pendidikan, kesehatan, dan lainnya secara layak.
  • Pemerintah perlu memberikan perhatian terhadap pemerataan pendidikan, social, ekonomi di daerah-daerah terpencil.
  • Film ini membangun semangat nasionalisme bangsa.
  • Masyarakat perlu lebih memberikan perhatian dan penghargaan yang lebih terhadap film-film yang membangun semangat nasional masyarakat.
  • Pemberdayaan berhasil dilakukan apabila dapat mengakomodir budaya lokal yang ada.
  • Budaya yang telah lama ditinggalkan oleh generasi mudah perlu dikembangkan lagi.

Referensi
http://id.wikipedia.org/wiki/Batas_%28film%29
http://amiratthemovies.wordpress.com/2011/05/20/review-batas-2011/
http://id.wikipedia.org/wiki/Nasionalisme_Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar