Rabu, 03 Juli 2013

Outbound Training

Outbound Training

Hari ini peserta pengayaan LPDP melakukan outbound training di Cibubur. Acara ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa kebersamaan diantara peserta dan menyatukan semangat kecintaan akan bangsa. Selain itu, sebelum outbound, peserta juga diminta untuk mempresentasikan mengenai saran-saran terhadap LPDP di masa yang akan datang.

Pada saat presentasi, banyak masukan-masukan berharga dari para peserta. Pertama, masukan terkait dengan jangkauan beasiswa yang diberikan. Beasiswa ini belum memiliki keragaman dalam hal daerah peserta penerima beasiswa karena masih banyak peserta yang diterima merupakan peserta yang berasal dari Jawa dan sekitarnya. Peserta memberikan saran supaya di masa yang akan datang, LPDP dapat memberikan porsi yang besar terhadap penduduk di daerah luar jawa seperti Papua, Sulawesi, dan lain-lainnya. Hal lain yang terkait beasiswa adalah cakupan jenjang studi penerima beasiswa. Saat ini LPDP hanya memberikan beasiswa pada strata S2 dan S3 saja sehingga dapat disarankan supaya LPDP mempertimbangkan pemberian beasiswa pada level yang lebih rendah, misalnya S1. Hal ini disarankan karena leader seharusnya diciptakan dari sejak dini. Saran-saran yang lain terkait dengan sistem monitoring, sistem investasi dan kegiatan alumni serta peningkatan kualitas pelaksanaan program pemberian beasiswa.

Setelah acara presentasi selesai, peserta diajak untuk melakukan kegiatan outbound. Peserta diajak untuk untuk berkompetisi dengan satu dengan yang lainnya kemudian seluruh peserta disatukan untuk menyelesaikan satu masalah secara bersama-sama. Peserta sangat menikmati acara ini dan saling memperhatikan satu dengan yang lainnya. Acara ini memang sangat efektif dalam membangun kebersamaan tim. Hal ini dapat dilihat dari respon para peserta yang begitu menikmati hal ini. Kemudian peserta pulang kembali ke wisma untuk mempersiapkan hal-hal lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar